You are here

LKK Kawasan Mandiri Pangan Bangka Tengah terima kunjungan study Rombongan BKPD Prov. Jawa Barat

Terentang. Kamis, 08 Desember 2016. Lembaga Keuangan Kawasan (LKK) Kawasan Mandiri Pangan bersama dengan BKPPP Kab. Bangka Tengah menerima kunjungan study dari Badan Ketahanan Pangan Daerah (BKPD) Provinsi Jawa Barat dalam rangka pembelajaran pengembangan unit usaha dan tata kelola oleh LKK melalui kelompok Afinitas Kurau, Kurau Barat, Penyak, Terentang dan Guntung. 

Kepala BKPPP Kab. Bangka Tengah Sajidin, SE dalam sambutannya menyambut baik study ini. LKK KMP yang ada di Bangka Tengah pada tahun 2016 ini merupakan tahap kemandirian, unit usaha seperti on farm, off farm, dan non farm sudah dilaksanakan oleh kelompok dengan memanfaatkan dana bantuan pemerintah sejak tahun 2013. Perkembangan usaha melalui jasa yang dikelola oleh Lembaga Keuangan Kawasan (LKK) selama 4 tahun kelompok sudah mempunyai inventaris aset tetap seperti kantor sekretariat, lahan bersama, tenda beserta perlengkapan lainnya, untuk itu sesuai dengan pedoman pelaksanaan pembinaan kawasan mandiri pangan pada tahun yang akan datang kelompok diarahkan untuk membentuk Lembaga keuangan Mikro (LKM) sehingga lebih mandiri, transparan, profesional serta sebagai solusi pembiayaan masyarakat pedesaan. Rombongan BKPD Provinsi Jawa Barat didampingi oleh BKP Kab. Cirebon, Tasikmalaya, Bandung Barat dan Garut. Ir. Ali selaku Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan BKPD Prov. Jawa Barat menyampaikan apresiasi kepada BKP Prov. Bangka Belitung, BKPPP Kab. Bangka Tengah serta LKK Kawasan Mandiri Pangan Bangka Tengah yang telah bersedia menerima rombongan dalam kunjungan Study, beliau juga berharap agar adanya kunjungan balasan dari Kab. Bangka Tengah dan kelompok untuk menambah wawasan dalam pengolahan produk siap saji.

Rangkaian study dilanjutkan dengan  diskusi dari materi yang disampaikan oleh Kepala BKPPP dan Pendamping Kawasan dan ditutup dengan kunjungan pada usaha kelompok pengolahan hasil produk kelautan "Iwaki" Desa Kurau. "Live Report demsi".

gambar: 
kategori berita: