You are here

Bangka Tengah Siapkan Kawasan Agropolitan

KBRN, Namang:  Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiakan 450 Hektar lahan kawasan Agropolitan terfokus di Desa Namang dan Desa Belilik Kecamatan Namang.

Menurut Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman untuk mengarah pada kawasan itu potensi yang dikembangkan antaralain pengembangan tanaman kayu Pelawan, Mendaru, Nyato dan Gaharu, yang merupakan jenis tanaman kayu keras, selain itu pembukaan dan optimalisasi areal sawah .

"Nantinya namang ini akan di integrasikan selain sebagai kawasan wisata hutan lindung juga akan dijadikan kawasan agropolitan dimana orang kalau ke namang bisa me lihat sawah, tanaman lada, kelakak dan hutan pelawannya dengan berbagai tumbuhan dan hewan yang hidup di dalamnya," kata Erzaldi. Minggu ( 14/6/2015)

Menurut Erzaldi, kawasan agropolitan kedepannya akan dikembangkan sampai ke desa Belilik dengan luas keseluruhan lebih kurang 450 hektar. Dan dikembangkan secara bertahap.

Dalam acara penanaman padi dan penanaman pohon di desa Namang, Bupati Bangka Tengah mengatakan, area persawahan yang ada di Namang dan di Belilik akan diperluas menjadi sekitar 250 hektar.

"Untuk mendukung perluasan lahan persawahan desa Namang dan juga desa Belilik, tahun ini akan dibangun jaringan irigasi senilai 10 milyar, sehingga kawasan namang dan belilik ini selain sebagai tempat wisata juga menjadi kawasan yang memberikan manfaat bagi masyarakat dalam bidang pertanian," ujar Erzaldi. (Hen/FS)

gambar: 
kategori berita: